Thanks for coming to my blog! I hope we can share and learn in this blog.. ^_^,

Sabtu, 02 Maret 2013

RPP MATEMATIKA KELAS 1 SD


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  .................................
Tema                    :  Lingkungan 
Kelas/Semester    :  I / 1
Alokasi Waktu     : 2 minggu

Standar Kompetensi :
1. Matematika :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.

Kompetensi Dasar  :

1.  Matematika :
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.



I.  Tujuan Pembelajaran**  :
·         Siswa dapat menerjemahan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari..
·         Siswa dapat membaca simbul +, -, = dalam mengerjakan hitung sampai 20..
·         Siswa dapat menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
·         Siswa dapat menjumlahkan bilangan 3 angka hasil sampai 20.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Oprasi hitung bilangan.

III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :
      Minggu I
      Pertemuan pertama  :  1 x 35 menit  (Matematika)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan contoh peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
F Menterjemahlkan peristiwa tersebut ke dalam kalimat matematika baik penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20 secara lisan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   1 x 35 menit   (Matematika )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan peristiwa penjumlahan dalam kehidupan  sehari-hari ke dalam kalimat matematika  secara lisan.
F Mencari hasil dari penjumlahan tersebut .
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  1 x 35 menit (Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbul + yang dapat diartikan sebagi penjumlahan,dikumpulkan, diberi lagi, membeli lagi  penambahan, dan simbul = untuk mendapatkan hasil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit dan ditulis dalam kalimat matematika dengan menggunakan simbul + dan =.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  1 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mencari hasil  penjumlahan dengan hasil yang tepat, dalam menerjemahkan ke dalam  kalimat penjumlahan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat kalimat matematika  melalui pengamatan lingkungan kelas.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  1 x 35 menit ( Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbul ( - ) yang dapat diartikan sebagi pengurangan, dikurangi, terbang, lari, hilang, diberikan,  dan simbol = untuk mendapatkan hasil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan pengurangan melalui benda konkrit dan ditulis dalam kalimat matematika dengan menggunakan simbul  ( - )  dan ( =  )
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu  ke 2
      Pertemuan pertama  :  1 x 35 menit  (Matematika)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyelesaikan soal latihan untuk penjumlahan.
F Mengerjakan soal penjumlahan di papan tulis.
F Melakukan penyelesaian soal cerita sederhana tentang penjumlahan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   1 x 35 menit   (Matematika )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal pengurangan di papan tulis.
F Menyelesaikan soal cerita sederhana tentang pengurangan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  1 x 35 menit ( Matematika  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca dan menghapal fakta dasar penjumlahan sampai dengan 20
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


      Pertemuan ke empat  1 x 35 menit.  ( Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca dan menghapal fakta dasar pengurangan  sampai dengan 20
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
F Pengetesan melalui lisan dan tertulis.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  1 x 35 menit ( Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit untuk konsep penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20 yang didiktekan guru.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
    1. Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

·         Alat Peraga  :
1.      Kartu bilangan.
2.      Manik-manik, kelereng, batu-batuan, kerang.

VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

1.      Matematika :
·         Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam  kalimat sehari-hari.
·         Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung sampai 20
·         Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20.
·         Menjumlah  bilangan  3 angka hasil sampai 20.



Tes lisan Tes tertulis


Uraian
isian

1.      Matematika :
·         Terjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam  kalimat sehari-hari.
·         Bagaimana cara Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung sampai 20
·         Bagaimana cara Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20.
·         Bagaimana cara Menjumlah  bilangan  3 angka hasil sampai 20.









I. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

 3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas I



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………





RPP selengkapnya bisa download disini teman... (Pengalaman, Budi Pekerti, Diri Sendiri, Kegemaran, Keluarga)

Ada juga Silabusnya, silahkan download disini
^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar