Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. Matematika
: Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai 20.
Kompetensi Dasar
:
1. Matematika :
·
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
I. Tujuan
Pembelajaran** :
·
Siswa dapat menerjemahan bentuk
penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari..
·
Siswa dapat membaca simbul +,
-, = dalam mengerjakan hitung sampai 20..
·
Siswa
dapat menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
·
Siswa
dapat menjumlahkan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Oprasi
hitung bilangan.
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/
Motivasi :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan
inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 1 x
35 menit (Matematika)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Memberikan
contoh peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
F Menterjemahlkan peristiwa tersebut ke dalam
kalimat matematika baik penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20 secara lisan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 1 x 35 menit (Matematika )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menuliskan
peristiwa penjumlahan dalam kehidupan sehari-hari
ke dalam kalimat matematika secara
lisan.
F Mencari hasil dari penjumlahan tersebut .
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 1 x 35 menit (Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat membaca simbul + yang dapat diartikan sebagi
penjumlahan,dikumpulkan, diberi lagi, membeli lagi penambahan, dan simbul = untuk mendapatkan hasil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit dan ditulis dalam kalimat
matematika dengan menggunakan simbul + dan =.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 1 x 35 menit.
( Bahasa Indonesia, Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Mencari hasil
penjumlahan dengan hasil yang tepat, dalam menerjemahkan ke dalam kalimat penjumlahan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat kalimat matematika melalui
pengamatan lingkungan kelas.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 1 x 35 menit ( Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat membaca simbul ( - ) yang dapat diartikan sebagi
pengurangan, dikurangi, terbang, lari, hilang, diberikan, dan simbol = untuk mendapatkan hasil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
pengurangan melalui benda konkrit dan ditulis dalam kalimat matematika dengan
menggunakan simbul ( - ) dan ( =
)
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan
pertama : 1 x 35 menit
(Matematika)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menyelesaikan
soal latihan untuk penjumlahan.
F
Mengerjakan
soal penjumlahan di papan tulis.
F Melakukan penyelesaian soal cerita sederhana tentang penjumlahan.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 1 x 35 menit (Matematika )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mengerjakan
soal pengurangan di papan tulis.
F
Menyelesaikan soal cerita sederhana tentang pengurangan
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 1 x 35 menit ( Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca dan menghapal fakta dasar penjumlahan sampai dengan 20
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 1 x 35 menit.
( Matematika )
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca dan menghapal fakta dasar pengurangan
sampai dengan 20
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
F Pengetesan melalui lisan dan tertulis.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan
ke lima 1 x 35 menit ( Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melakukan
penjumlahan melalui benda konkrit untuk konsep penjumlahan bilangan 3 angka
hasil sampai 20.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mengerjakan
soal penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20 yang didiktekan guru.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
F
Membuat
kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F
Mengerjakan
post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
·
Alat Peraga :
1.
Kartu
bilangan.
2.
Manik-manik,
kelereng, batu-batuan, kerang.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. Matematika :
·
Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan
pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat
sehari-hari.
·
Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung
sampai 20
·
Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20.
·
Menjumlah bilangan
3 angka hasil sampai 20.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
1. Matematika :
·
Terjemahkan bentuk penjumlahan dan
pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat
sehari-hari.
·
Bagaimana cara Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam
mengerjakan hitung sampai 20
·
Bagaimana cara Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai
dengan 20.
·
Bagaimana cara Menjumlah bilangan 3 angka hasil sampai 20.
|
I.
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas I
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
RPP selengkapnya bisa download disini teman... (Pengalaman, Budi Pekerti, Diri Sendiri, Kegemaran, Keluarga)
Ada juga Silabusnya,
silahkan download disini
^_^
^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar