RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Nama
Sekolah : SMP 99 Cirebon
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester :
IX / 1 (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
KOMPETENSI DASAR : 1.1. Mengidentifikasi bangun – bangun datar yang sebangun dan kongruen.
ALOKASI WAKTU : 4 jam pelajaran (2 pertemuan)
I.
INDIKATOR
· Mendiskusikan
dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui bangun datar
·
Mengidentifikasikan dua bangun datar
sebangun atau kongruen
II.
MATERI PEMBELAJARAN
Kesebangunan
III.
METODE PEMBELAJARAN
a.
Model Pembelajaran : Pembelajaran Realistik
b.
Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian
Tugas.
IV.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama dan
Kedua.
Kegiatan Awal
- Apersepsi :
Peserta didik diajak untuk memperhatikan pengubinan lantai, atap atau halaman.
- Motivasi : 1. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Meminta Peserta
didik untuk mencermati unsur-unsur yang terdapat pada dua bangun datar
sebangun.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan
agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
V.
SUMBER PEMBELAJARAN
Lingkungan
Matematika 1
untuk kelas IX SMP dan Mts.
Sumber lain
yang relevan
VI.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
|||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
||||
·
Mendiskusikan dua bangun yang sebangun
atau kongruen melalui model bangun datar
·
Mengidentifikasikan dua bangun datar
sebangun atau kongruen
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Daftar pertanyaan
|
·
Bangun-bangun manakah yang sebangun dan manakah yang
kongruen? Mengapa?
1 2 3
4 5 6
·
Apakah kedua bangun berikut ini kongruen? Mengapa?
|
Mengetahui,
Kepala
SMP 99 CIREBON
( Sukesih
Kemala Dewi, M.Pd )
NIP: 141015002736
|
|
Cirebon, 6 Desember 2012
Guru
Mapel Matematika.
( Siti
Fitri Rahayu, S.Pd )
NIP: 141015001234
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar