Thanks for coming to my blog! I hope we can share and learn in this blog.. ^_^,

Sabtu, 02 Maret 2013

RPP MATEMATIKA KELAS 9 SMP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)

Nama Sekolah       :  SMP 99 Cirebon
Mata Pelajaran       : Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester    : IX / 1 (Ganjil)

STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR      : 1.1. Mengidentifikasi bangun – bangun datar yang sebangun dan       kongruen.

ALOKASI WAKTU            :  4 jam pelajaran (2 pertemuan)

     I.               INDIKATOR
·      Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui bangun datar
·      Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen

    II.            MATERI PEMBELAJARAN
Kesebangunan

 III.            METODE PEMBELAJARAN
a.    Model Pembelajaran : Pembelajaran Realistik
b.    Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.

  IV.            LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      Pertemuan Pertama dan Kedua. 
Kegiatan Awal
- Apersepsi : Peserta didik diajak untuk memperhatikan pengubinan lantai, atap atau halaman.
- Motivasi : 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Meminta Peserta didik untuk mencermati unsur-unsur yang terdapat pada dua bangun datar sebangun.
F  materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

   V.               SUMBER PEMBELAJARAN
Lingkungan
Matematika 1 untuk kelas IX SMP dan Mts.
Sumber lain yang relevan


VI.               PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·  Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar





·  Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen
Tes tertulis








Tes tertulis
Uraian








Daftar pertanyaan
·  Bangun-bangun manakah yang sebangun dan manakah yang kongruen? Mengapa?
     1                2           3


      4                    5                   6
·  Apakah kedua bangun berikut ini kongruen? Mengapa?


 
   


                                                                                                           
           
Mengetahui,
Kepala SMP 99 CIREBON



( Sukesih Kemala Dewi, M.Pd )
NIP: 141015002736

Cirebon, 6 Desember 2012
Guru Mapel Matematika.



( Siti Fitri Rahayu, S.Pd )
NIP: 141015001234



RPP selengkapnya bisa download disini teman...
Ada juga Silabusnya, silahkan downloaddisini
^_^


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar