RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMP Negeri 2 Cirebon
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII
(Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : BILANGAN
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung
bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Alokasi Waktu : 13 jam pelajaran (7 pertemuan).
A.
Tujuan Pembelajaran
- Pertemuan Pertama :
o
Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan bulat.
o
Peserta didik dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
- Pertemuan Kedua :
o
Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian,
dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.
o
Peserta didik dapat menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.
- Pertemuan Ketiga :
o
Peserta didik dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat
dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
- Pertemuan Empat :
o
Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik
berkaitan dengan materi mengenai bilangan negatif, cara menjumlahkan,
mengurangkan, mengalikan, dan membagi bilangan bulat, menaksir hasil perkalian
dan pembagian bilangan bulat, dan menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta
akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat secara Disiplin ( Discipline )
- Pertemuan Kelima:
o
Peserta didik dapat memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan
pecahan: bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen, dan permil.
o
Peserta didik dapat mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
o
Peserta didik dapat mengurutkan pecahan.
- Pertemuan dan Keenam:
o
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi hitung: penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, dan pangkat bilangan
pecahan dan bilangan desimal.
o
Peserta didik dapat menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.
o
Peserta didik dapat menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan
desimal.
- Pertemuan Ketujuh :
o
Peserta didik dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan harian dengan baik
berkaitan dengan materi mengenai pecahan biasa dan campuran, pecahan yang
senilai, mengurutkan pecahan, mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran dan sebaliknya, persen,
permil, bilangan desimal, menyelesaikan operasi hitung pecahan, bilangan
desimal, dan perpangkatan pecahan, menuliskan bilangan pecahan bentuk baku, dan
menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.
Materi Ajar
Bilangan Bulat, yaitu mengenai:
a. Mengenal bilangan negatif.
b. Menjumlah, mengurang, mengali, dan
membagi bilangan bulat.
c. Menaksir hasil perkalian dan pembagian
bilangan bulat
d. Menghitung kuadrat dan pangkat tiga
serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
e. Mengingat bilangan pecahan.
f. Mengenal pecahan biasa dan campuran.
g. Mengenal pecahan yang senilai.
h. Mengurutkan pecahan.
i.
Mengubah pecahan biasa menjadi
pecahan campuran dan sebaliknya.
j.
Mengenal persen dan permil dan bilangan desimal.
k. Menyelesaikan operasi hitung pecahan
dan bilangan desimal.
l.
Menyelesaikan perpangkatan pecahan.
m. Menuliskan bilangan pecahan bentuk
baku.
n. Menaksir hasil operasi hitung pecahan
dan bilangan desimal.
C.
Metode Pembelajaran
þ Ceramah,
þ tanya jawab,
þ diskusi,
þ pemberian tugas.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Ø Pertemuan Pertama, kedua, ketiga, keempat, keliama, keenam, dan ketujuh
A. Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya
mempelajari materi ini.
B. Kegiatan Inti :
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Sugi dan Peserta didik dapat
memberikan contoh bilangan bulat.
F Peserta didik dapat menentukan letak
bilangan bulat dalam garis bilangan
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas
dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
memfasilitasi
peserta didik Membaca teks puisi dengan lafal
dan intonasi yang tepat
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui
Latihan“ dalam buku paket mengenai bilangan
bulat (bilangan asli/bilangan bulat positif, bilangan cacah, serta bilangan
kurang dari nol/bilangan bulat negatif), penentuan letak bilangan bulat dalam garis bilangan, pengurutan
bilangan bulat, dan penggunaan bilangan bulat sebagai tugas individu.
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis secara bertanggung jawab (
responsibility );
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
E. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1
- LKS
Alat :
-
Laptop,LCD,OHP
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
Ø Memberikan
contoh bilangan bulat.
Ø Menentukan
letak bilangan bulat dalam garis
bilangan.
Ø Melakukan
operasi penjumlah-an, pengurang-an, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
termasuk operasi campuran.
Ø Menghitung
kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan
bulat.
Ø Memberikan
contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: bilangan pecahan biasa,
campuran, desimal, persen, dan permil.
Ø Mengubah
bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
Ø Mengurut-kan bilangan bentu pecahan.
Ø Menyelesaikan operasi hitung tambah,
kurang, kali, bagi bilangan pecahan termasuk operasi campuran.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1. Tulislah 5 bilangan bulat yang lebih dari -3 dan
kurang dari 10
2.
Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3
pada garis bilangan tersebut!
3. Hitunglah
1. 4 + (-7) = .
2. -3 –(-8) =.
3. 8x(-12)=.
4. (-36):4=.
5. -4 + 7 x -2 = .
4.
Berapakah
a. (-5)
b. 43
c.
d.
5.
Tulislah beberapa contoh
bilangan pecahan masing-masing dalam bentuk:
a. Pecahan biasa
b. Desimal
c. persen.
d.
permil
6. Ubahlah
bilangan 1 dalam bentuk desimal dan persen
7. Ubahlah bilangan 0,75 dalam bentuk persen dan pecahan biasa.
8. Urutkan pecahan berikut dari yang
terkecil. .
9. Hitunglah:
1. 2,5
+ 3,75 = .
2.
21,2 - 9,85 =
3. 1 ½ x
2/3 = .
4. ¾
: ½ = .
5. 1,25 +1=
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
( Drs. Fakhruddin M.Pd )
NIP/NIK :…………..……………….
|
Cirebon, 04, Juni, 2012
Guru Mapel Matematika.
(Lisna Apriliana S.Pd )
NIP/NIK :…….…………….
|
RPP selengkapnya bisa download disini teman...
terimakasih, sangat membantu
BalasHapus