Thanks for coming to my blog! I hope we can share and learn in this blog.. ^_^,

Sabtu, 02 Maret 2013

RPP MATEMATIKA KELAS 10 SMA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMAN 1 KROYA
Mata Pelajaran           : Matematika
Kelas/Semester            : X(Sepuluh)/Ganjil
Standar Kompetensi   : 1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
Kompetensi Dasar      : 1.1 Menggunakan sifat dan aturan tentang pangkat, akar, dan logaritma

Indikator                      : 1. Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat
                                        2. Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya.
  3. Mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya.
 4. Melakukan  operasi aljabar pada bentuk  pangkat, akar, dan logaritma
                                        5. Mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk  pangkat positif, dan sebaliknya
Alokasi Waktu            :  6 jam pelajaran (3 pertemuan)
A.  Tujuan Pembelajaran
a.   Peserta didik dapat menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
b.   Peserta didik dapat mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c.   Peserta didik dapat mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,  Kreatif, Kerja keras);
d.   Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar pada bentuk bentuk  pangkat, akar, dan logaritma . (nilai yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
e.    Peserta didik dapat mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
B.  Materi Ajar
a.   Sifat-sifat bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan nol.
b.   Notasi ilmiah.
c.    Operasi aljabar pada bentuk akar.
d.  Pengertian logaritma.
e.   Sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma).
f.     Penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.
g.    Logaritma untuk perhitungan.

C.  Metode Pembelajaran
     Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok

D.  Alat dan Sumber Belajar
Sumber:
-      Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 1-52).        
-      Buku referensi lain.
-       LKS TUNTAS

E.  Penilaian
-      Teknik                      : tugas individu, tugas kelompok, kuis, ulangan harian.
-      Bentuk Instrumen :     uraian singkat, pilihan ganda.
-      Contoh Instrumen :
1.    Sederhanakanlah.
     a. 

     b.                                      

2.  Nyatakan bilangan berikut dalam pangkat positif dan sederhanakan.
     a.   
    b.   

 3.  Nyatakan bilangan berikut dalam notasi ilmiah.
   a.       0,0000002578
   b.  820.000.000.000.000
4.  Di antara bilangan-bilangan berikut, manakah yang merupakan bilangan bentuk akar?
           a.              b.   
          c.               d.
          e. 

5. Nyatakan penjumlahan dan pengurangan berikut dalam bentuk akar yang sederhana.
a.                                           
  b.
6.  Rasionalkan penyebut tiap pecahan berikut.
           a.        b. 

  c.     d.

7. Nyatakan bilangan-bilangan berikut dalam bentuk pangkat.
   a.       
     b.         
8.  Sederhanakanlah bentuk
9.  Tentukan nilai x dari persamaan
10.
     a.                                                      d.  
    b.                                                      e. 
   c. 

11.  Sederhanakan bentuk akar berikut ini.
    a.           b.       
    c.              d.
    e.       
   
12. Ubahlah ke dalam bentuk logaritma.
     a.       b.         c.   

13. Sederhanakanlah
14. Tentukan nilai dari logaritma berikut.
         a.    log 45,458   b.   log 144,3     c. log 0,05        d. log 0,098   e. log 0,001

15.    Nilai  adalah…….
                a.  5                                               b.  2,5       
    c.  2                                                          d.  1,5        
          e.  0,6
16.      Jika , maka =…
    a.                b.       
    c.                d.
    e.





Mengetahui                                                                             Kroya, januari 2011
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata pelajaran Matematika




Drs. Moh, Nasir M.A                                                              Mahlani S.Pd
NIP. 19520903 197401 1 002                                                           




RPP selengkapnya bisa download disini teman...
Ada juga Silabusnya, silahkan download disini
^_^


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar