RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMAN 1 KROYA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
X(Sepuluh)/Ganjil
Standar
Kompetensi : 1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat,
akar, dan logaritma.
Kompetensi
Dasar : 1.1 Menggunakan
sifat dan aturan tentang pangkat, akar, dan logaritma
Indikator : 1. Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat
2. Mengubah bentuk pangkat ke bentuk
logaritma dan sebaliknya.
3.
Mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan
sebaliknya.
4. Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, akar, dan logaritma
5. Mengubah
bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif,
dan sebaliknya
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
a.
Peserta didik dapat
menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
b.
Peserta didik dapat
mengubah bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif,
dan sebaliknya. (nilai yang
ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c.
Peserta didik dapat
mengubah suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin
tahu, Kreatif, Kerja keras);
d.
Peserta didik dapat
melakukan operasi aljabar pada bentuk bentuk
pangkat, akar, dan logaritma . (nilai yang ditanamkan: Mandiri,
Kreatif, Kerja keras);
e.
Peserta didik dapat
mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri);
B. Materi Ajar
a.
Sifat-sifat
bilangan berpangkat dengan pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan
nol.
b.
Notasi ilmiah.
c.
Operasi aljabar
pada bentuk akar.
d.
Pengertian
logaritma.
e.
Sifat-sifat
logaritma (operasi aljabar logaritma).
f.
Penentuan
logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau kalkulator.
g.
Logaritma
untuk perhitungan.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok
D. Alat dan Sumber Belajar
Sumber:
-
Buku paket, yaitu
buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri
Kurnianingsih, dkk, hal. 1-52).
-
Buku referensi
lain.
-
LKS
TUNTAS
E. Penilaian
-
Teknik : tugas individu,
tugas kelompok, kuis, ulangan harian.
-
Bentuk Instrumen : uraian singkat, pilihan ganda.
-
Contoh
Instrumen :
1.
Sederhanakanlah.
a.
b.
2.
Nyatakan bilangan berikut dalam pangkat positif dan
sederhanakan.
a.
b.
3. Nyatakan bilangan berikut dalam notasi
ilmiah.
a. 0,0000002578
b.
820.000.000.000.000
4. Di antara bilangan-bilangan
berikut, manakah yang merupakan bilangan bentuk akar?
a. b.
c. d.
e.
5. Nyatakan penjumlahan dan pengurangan berikut
dalam bentuk akar yang sederhana.
a.
b.
6. Rasionalkan penyebut tiap pecahan berikut.
a. b.
c. d.
7. Nyatakan
bilangan-bilangan berikut dalam bentuk pangkat.
a.
b.
8. Sederhanakanlah
bentuk
9. Tentukan nilai x dari persamaan
10.
a. d.
b. e.
c.
11. Sederhanakan bentuk akar berikut
ini.
a. b.
c. d.
e.
12. Ubahlah ke
dalam bentuk logaritma.
a. b. c.
13. Sederhanakanlah
14. Tentukan
nilai dari logaritma berikut.
a. log 45,458 b. log 144,3 c. log 0,05 d. log 0,098 e. log 0,001
15. Nilai adalah…….
a. 5 b. 2,5
c. 2 d. 1,5
e. 0,6
16. Jika , maka =…
a. b.
c. d.
e.
Mengetahui Kroya,
januari 2011
Kepala
Sekolah Guru
Mata pelajaran Matematika
Drs.
Moh, Nasir M.A Mahlani
S.Pd
NIP.
19520903 197401 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar