RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMAN 1 Rajagaluh
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Program : XI
(Sebelas) / IPA
Semester : Ganjil
Pertemuan Ke- : 1, 2, 3, dan 4 ( 8 x 45 menit )
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 pertemuan).
Standar
Kompetensi : 1. Menggunakan aturan
statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar : 1.1. Membaca
data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogif.
Indikator :
1.
Memahami cara memperoleh data,
menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa, membulatkan, dan menyusun
data untuk menyelesaikan masalah.
2.
Menentukan data terbesar,
terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga),
statistik lima serangkai (statistik minimum,
statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan
kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan
semi antar-kuartil untuk data tunggal.
3.
Membaca sajian data dalam bentuk
tabel (daftar), meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data
tunggal dan data berkelompok), dan daftar distribusi frekuensi kumulatif (data
tunggal dan data berkelompok).
4.
Membaca sajian data dalam bentuk
diagram, meliputi diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang-daun, diagram batang dan diagram
lingkaran, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif.
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Peserta didik dapat memahami cara memperoleh
data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa, membulatkan, dan
menyusun data untuk menyelesaikan masalah. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin
tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
b. Peserta didik dapat menentukan data terbesar,
terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga),
statistik lima serangkai (statistik minimum, statistik maksimum, median,
kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil,
jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk
data tunggal. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras
Disiplin.. Demokratis.);
c. Peserta didik dapat membaca sajian data dalam
bentuk tabel (daftar) baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data tunggal
dan data berkelompok), dan daftar distribusi frekuensi kumulatif (data tunggal
dan data berkelompok).
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin.Demokratis.);
d. Peserta didik dapat membaca sajian data dalam
bentuk diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang-daun, diagram batang dan diagram
lingkaran, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Rasa ingin tahu, Mandiri,
Kreatif, Kerja keras, Disiplin,
Demokratis.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Berorientasi tugas dan
hasil, Percaya diri, Berani mengambil resiko, Keorisinilan
B. Materi Pokok
a. Pengertian
dasar statistika:
- data (jenis-jenis data, ukuran data).
- statistika dan statistik.
- populasi dan sampel.
- data tunggal (pemeriksaan data, pembulatan
data, penyusunan data, data terbesar, terkecil, dan median, kuartil (kuartil
pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik
minimum, statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan
kuartil dan rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, jangkauan
semi antar-kuartil).
b. Penyajian data dalam bentuk tabel (daftar):
- tabel (daftar) baris-kolom.
- daftar distribusi frekuensi.
- daftar
distribusi frekuensi kumulatif.
c. Penyajian data dalam bentuk diagram:
- diagram garis, diagram kotak-garis.
- diagram batang
daun.
- diagram
batang dan diagram lingkaran.
- histogram dan
poligon frekuensi.
- diagram campuran.
- ogif.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi.
Strategi Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami cara
memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa,
membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah.
|
·
Membaca sajian
data dalam bentuk diagram, meliputi diagram garis, diagram kotak-garis,
diagram batang-daun, diagram batang
dan diagram lingkaran, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan
ogif.
|
· Siswa dapat Menentukan data
terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil
ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum, statistik maksimum, median, kuartil
pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan,
jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal.
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
Ø
Pertemuan Pertama ( 2 x 45 )
Kegiatan
Awal
Apersepsi :
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengetahui
cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, memeriksa, membulatkan,
dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah, serta menentukan data terbesar,
terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga),
statistik lima serangkai (statistik minimum,
statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan
kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan
semi antar-kuartil untuk data tunggal.
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik
diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam
bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau
pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb) mengenai cara memperoleh data, menentukan jenis dan
ukuran data, memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan
masalah, serta menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil
pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik
minimum, statistik maksimum, median,
kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil,
jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data
tunggal, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut
(Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XI Semester
Ganjil Jilid 2A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 3-16 mengenai pengertian
dasar statistika, yang terdiri dari hal. 4-6 mengenai data (jenis-jenis data
dan ukuran data), hal. 6 mengenai statistika dan statistik, hal. 6-7 mengenai
populasi dan sampel, dan hal. 7-16 mengenai data tunggal (penanganan awal data
tunggal: pemeriksaan data, pembulatan data, penyusunan data, serta pencarian
data terbesar, data terkecil, median, kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil
ketiga, rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil,
dan jangkauan semi antar-kuartil). (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara memperoleh
data, menentukan jenis dan ukuran data, memeriksa, membulatkan, dan menyusun
data untuk menyelesaikan masalah, serta menentukan data terbesar, terkecil,
median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik
lima serangkai (statistik minimum,
statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan
kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan
semi antar-kuartil untuk data tunggal. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin
tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
b. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 9
mengenai pencarian median dari data tunggal, hal. 10-11 mengenai penentuan
kuartil pertama, kuartil kedua, dan kuartil ketiga dari data tunggal, hal. 12 mengenai
penentuan rataan kuartil dan rataan tiga dari data tunggal, hal. 13 mengenai
penentuan desil untuk data tunggal, hal. 14 mengenai penentuan jangkauan,
jangkauan antar-kuartil (hamparan), dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data
tunggal.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai pengidentifikasian data yang bersifat kualitatif atau kuantitatif
(data diskrit atau kontinu), mengenai populasi dan sampel, pencatatan data
kuantitatif, dan penentuan statistik lima serangkai, jangkauan, jangkauan
antar-kuartil (hamparan), dan jangkauan semi antar-kuartil (simpangan kuartil)
untuk data tunggal, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 5, 7, 15 sebagai
tugas individu.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
d. Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas”
dalam buku paket pada hal. 5, 7, 15.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
e. Peserta didik
mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 15-16 sebagai tugas
individu. (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Disiplin. Kerja keras);
Penutup
a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi
mengenai data (jenis-jenis data, ukuran data), penanganan awal data tunggal
berupa pemeriksaan, pembulatan, dan penyusunan data tunggal, serta penentuan
data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua,
kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum, statistik
maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan
tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi
antar-kuartil untuk data tunggal.
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan data (jenis-jenis data, ukuran data), penanganan awal data
tunggal berupa pemeriksaan, pembulatan, dan penyusunan data tunggal, serta
penentuan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil
kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum, statistik maksimum, median, kuartil pertama,
kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan
antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal dari
“Aktivitas Kelas“ yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
Ø
Pertemuan Kedua ( 2 x 45 Menit )
Kegiatan Awal
Apersepsi : - Mengingat kembali mengenai penulisan data
tunggal.
- Membahas PR.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat membaca sajian data dalam bentuk tabel (daftar),
meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi
frekuensi kumulatif untuk data tunggal dan data berkelompok.
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik
diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam
bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau
pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb) mengenai cara membaca data dalam bentuk tabel (daftar),
meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi
frekuensi kumulatif baik untuk data tunggal maupun data berkelompok, kemudian
antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket,
yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XI Semester Ganjil Jilid 2A,
karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal.
17-18 mengenai daftar baris-kolom, hal.18-23 mengenai daftar distribusi
frekuensi, dan hal. 24-26 mengenai
daftar distribusi frekuensi kumulatif). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin
tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara membaca data dalam
bentuk tabel (daftar), meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi
frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif baik untuk data tunggal
maupun data berkelompok.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
b. Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal.
23 mengenai daftar distribusi frekuensi data berkelompok. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi
frekuensi kumulatif baik untuk data tunggal maupun data berkelompok dari
“Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 17-18, 21-22, 24, 27 sebagai tugas
individu.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
d. Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas”
dalam buku paket pada hal. 17-18, 21-22, 24, 27. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin
tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin.);
Penutup
a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi
tabel (daftar) baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi
frekuensi kumulatif baik untuk data tunggal maupun data berkelompok. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin.Demokratis.);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi tabel (daftar) baris-kolom, daftar distribusi
frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif baik untuk data tunggal
maupun data berkelompok dari soal-soal pada “Aktivitas Kelas“ yang belum
terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
Ø
Pertemuan Ketiga dan Keempat ( 4 x 45 Menit )
Kegiatan
Awal
Apersepsi : - Mengingat kembali mengenai bentuk data
tunggal, data berkelompok, diagram batang, dan diagram lingkaran.
- Membahas PR.
Motivasi : Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat membaca
sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram garis, diagram kotak-garis,
diagram batang-daun, diagram batang dan
diagram lingkaran, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik
diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam
bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau
pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb) mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram,
meliputi diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang-daun, diagram batang dan diagram
lingkaran, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif, kemudian
antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku
paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XI Semester Ganjil Jilid 2A,
karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 29-30 mengenai diagram garis, hal. 31-32
mengenai diagram kotak-garis, hal. 32-33 mengenai diagram batang-daun, hal.
35-38 mengenai histogram dan poligon frekuensi, hal. 39-40 mengenai diagram
campuran, dan hal. 40-41 mengenai ogif). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin
tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
a. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan cara membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi
diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang-daun, diagram batang dan
diagram lingkaran, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
b. Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram garis,
diagram kotak-garis, diagram
batang-daun, histogram dan poligon frekuensi, diagram campuran, dan
ogif, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 30 , 32, 34-35, 38-39, 40,
41-42 sebagai tugas individu.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
c. Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas”
dalam buku paket pada hal. 30 , 32, 34-35, 38-39, 40, 41-42. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis);
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Penutup
a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi
mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram
kotak-garis, diagram batang-daun,
diagram batang dan diagram lingkaran, histogram, poligon frekuensi, diagram
campuran, dan ogif.
(nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram
garis, diagram kotak-garis, diagram
batang-daun, diagram batang dan diagram lingkaran, histogram, poligon
frekuensi, diagram campuran, dan ogif, dari soal-soal aktivitas kelas yang
belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan:
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.
Disiplin. Demokratis.);
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket,
yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas XI Semester Ganjil Jilid 2A,
karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 2-16, 17-19, 22-26, 29-33, 35-41).
- Buku
referensi lain.
Alat :
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F. Penilaian
Teknik
: tugas individu.
Bentuk
Instrumen : uraian singkat.
Contoh Instrumen :
1. Nilai Matematika dari 10 siswa adalah 3, 7,
6, 5, 7, 9, 8, 4, 7, 8. Tentukan:
a.
Kuartil pertama, kuartil kedua, dan kuartil ketiga.
b.
Rataan kuartil dan rataan tiga.
c. Jangkauan,
jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil.
2. Daftar
baris-kolom berikut menyatakan banyaknya analk laki-laki dan perempuan yang
dimiliki oleh suatu keluarga yang mengikuti survei.
Banyak anak
perempuan
|
Banyak Anak Laki-laki
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
0
|
|
3
|
|
2
|
|
1
|
5
|
9
|
|
1
|
1
|
2
|
1
|
2
|
3
|
|
|
3
|
1
|
|
2
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
a. Berapa banyak keluarga yang mengikuti survei?
b. Berapa banyak keluarga yang memiliki anak laki-laki?
c. Berapa banyak anak laki-laki dan perempuan yang terdaftar?
d. Apakah pernyataan ini benar “Anak laki-laki
lebih banyak dillahirkan dibandingkan anak perempuan“. Jelaskan!
3. Misalkan
garis berikut menunjukkan curah hujan rata-rata per bulan di Indonesia (dalam
milimeter) yang tercatat di Badan Meteorologi dan Geofisika.
a. Sebutkan bulan yang paling basah dan bulan
yang paling kering.
b.
Berapa mm-kah curah hujan rata-rata pada
bulan April?
c. Sebutkan
bulan-bulan dengan curah hujan lebih dari 150 mm.
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMAN 1 Rajagaluh
(DR. Irwan Hidayat)
NIP / NIK : 1410150017
|
|
Rajagaluh,
05 Desember 2012
Guru
Mapel Matematika.
(Fajar Miftahudin M.Pd.)
NIP / NIK : 1410150005
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar