RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN SAMBONG PERMAI
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Alokasi waktu :
6 x 35 menit (4 X pertemuan)
A.
Standar Kompetensi :
1.Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
bilangan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
C.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat
Mengetahui jenis operasi hitung dengan penanaman nilai disiplin
§ Siswa dapat Memberikan
contoh sehari-hari yang berhubungan dengan operasi hitung
§ Siswa dapat Melakukan
penjumlahan dan perkalian dengan nol
§ Siswa dapat
Melakukan perkalian dengan satu
§ Siswa dapat Melakukan
perkalian dua angka dengan angka sebelas
§ Siswa dapat Melakukan
penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
§ Siswa dapat
Mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan secara tekun
v Karakter
siswa yang diharapkan :Disiplin ( Discipline
),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan
Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi Ajar
Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
Menjumlahkan
bilangan bulat negatif dengan bilangan positif.
Contoh
-6 + 8 = 2, digambarkan pada garis bilangan.
Contoh
-6 + 8 = 2, digambarkan pada garis bilangan.
Perkalian Bilangan Bulat
Perkalian adalah penjumlahan berulang sebanyak
bilangan yang dikalikan.
Contoh:
2 x 3 - 3 + 3 = 6
Contoh:
2 x 3 - 3 + 3 = 6
Sifat-sifat perkalian suatu bilangan
a. Perkalian
bilangan positif dengan bilangan positif, hasilnya positif.
Contoh:
1) 4 x 5 = 5 + 5 + 5 + 5 = 20
2) 7 x 8 = 56
3) 12 x 15 = 180
b Perkalian bilangan positif dengan bilangan negatif, hasilnya negatif.
Contoh:
1) 4 x (-5) = (-5) + (-5) +(-5) +(-5) = -20
2) 7 x (-8) = -56
3) 12 x (-15) = -180
c. Perkalian bilangan negatif dengan bilangan positif, hasilnya negatif.
Contoh:
1) -4 x 5 = -(5 + 5 + 5 + 5) = -20.
2) -7 x 8 = -56
3) -12x 15 = -180
d. Perkalian bilangan negatif dengan bilangan negatif, hasilnya positif.
Contoh:
1) -4 x (-5) = -[-5 + (-5) + (-5) + (-5)] = -[-20] = 20
2) -7 x (-8) = 56
3) -12 x (-15) = 180
Contoh:
1) 4 x 5 = 5 + 5 + 5 + 5 = 20
2) 7 x 8 = 56
3) 12 x 15 = 180
b Perkalian bilangan positif dengan bilangan negatif, hasilnya negatif.
Contoh:
1) 4 x (-5) = (-5) + (-5) +(-5) +(-5) = -20
2) 7 x (-8) = -56
3) 12 x (-15) = -180
c. Perkalian bilangan negatif dengan bilangan positif, hasilnya negatif.
Contoh:
1) -4 x 5 = -(5 + 5 + 5 + 5) = -20.
2) -7 x 8 = -56
3) -12x 15 = -180
d. Perkalian bilangan negatif dengan bilangan negatif, hasilnya positif.
Contoh:
1) -4 x (-5) = -[-5 + (-5) + (-5) + (-5)] = -[-20] = 20
2) -7 x (-8) = 56
3) -12 x (-15) = 180
Kesimpulan:
a. + x + =
+
b. + x - = -
c. - x + =
-
d. - x
- = +
Pembagian bilangan bulat
Pembagian merupakan operasi kebalikan dari perkalian
Contoh
12 : 4 = 3, karena 4 x 3 = 12 atau 3 x 4 = 12
42 : 7 = 6, karena 7 x 6 = 42 atau 6 x 7 = 42
Contoh
12 : 4 = 3, karena 4 x 3 = 12 atau 3 x 4 = 12
42 : 7 = 6, karena 7 x 6 = 42 atau 6 x 7 = 42
Sifat-sifat pembagian bilangan bulat
a. Pembagian bilangan positif dengan bilangan positif, hasilnya positif
Contoh
1) 63 : 7 = 9
2) 143 : 11 = 13
b. Pembagian bilangan positif dengan bilangan negatif, hasilnya negatif
Contoh:
1) 63 : (-9) = -7
2) 72 : (-6) = -12
c. Pembagian bilangan negatif dengan bilangan positif, hasilnya negatif
Contoh:
1) -63 : 7 = -9
2) -120 : 10 = -12
d. Pembagian bilangan negatif dengan bilangan negatif, hasilnya positif.
Contoh:
1) -72 : (-8) = 9
2) -120 : (-12) = 10
Menggunakan Sifat Operasi Hitung Bilangan Bulat
Sifat komutatif
Sifat komutatif (pertukaran) pada penjumlahan dan perkalian.
a + b = b + a
a x b = b x a, berlaku untuk semua bilangan bulat
a + b = b + a
a x b = b x a, berlaku untuk semua bilangan bulat
Contoh:
1) 2 + 4 = 4 + 2 = 6
2) 3 + 5 = 5 + 3 = 8
3) 4 x 2 = 2 x 4 = 8
4) 3 x 2 = 2 x 3 = 6
Sifat asosiatif
Sifat asosiatif (pengelompokan) pada penjumlahan dan perkalian.
(a + b) + c = a + (b+c)
(a x b) x c = a x (bxc), berlaku untuk semua bilangan bulat
(a + b) + c = a + (b+c)
(a x b) x c = a x (bxc), berlaku untuk semua bilangan bulat
Contoh:
1) (2+4) + 6 = 2 + (4+6) = 12
2) (3+6) + 7 = 3 + (6+7) = 16
3) (3x2) x 4 = 3 x (2x4) = 24
4) (3x5) x 2 = 3 x (5x2) = 30
1) (2+4) + 6 = 2 + (4+6) = 12
2) (3+6) + 7 = 3 + (6+7) = 16
3) (3x2) x 4 = 3 x (2x4) = 24
4) (3x5) x 2 = 3 x (5x2) = 30
Sifat distributif (penyebaran)
a x (b + c) = (a x b) + (a x c), yang berlaku untuk semua bilangan bulat.
Contoh
1) 4 x (5 + 2) = (4 x 5) + (4 x 2) = 28
2) 5 x (7 + 3) = (5 x 7) + (5 x 3) = 50
1) 4 x (5 + 2) = (4 x 5) + (4 x 2) = 28
2) 5 x (7 + 3) = (5 x 7) + (5 x 3) = 50
E.
Metode Pembelajaran
Games, Tanya Jawab, dan Latihan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke-1
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/
Motivasi
-
Memberikan
games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
§
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Siswa
dapatMemahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi
contoh besaran sehari-hari yang
menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan
jenis operasi hitungsecara disiplin.
F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompoksecara bertanggungjawab; ( NK, bertanggungjawab
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman
siswa.
Pertemuan ke-2
§ Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan
kembali materi sebelumnya.
-
Melakukan
permainan (games) mengenai bilangan bulat.
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Siswa
dapatMemahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk
dapat melakukan:
v
penjumlahan
dan perkalian dengan nol
v
perkalian
dengan satu
v
perkalian
dua angka dengan angka sebelas
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Memberikan pekerjaan rumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke-3
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/
Motivasi
-
Mendengarkan
ceritra lucu yang berkaitan dengan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan.
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Siswa
dapatMemahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Melakukan percobaan, diskusi, tanya jawab dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk
dapat melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan pekerjaan rumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke-4
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/
Motivasi
-
Mengingatkan
kembali tentang konsep bilangan bulat
dan contohnya.
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Siswa
dapatMemahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F Melakukanpercobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk
dapat mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menyimpulkan materi
F Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
F Memberikan pekerjaan rumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
G.
Alat/Bahan dan Sumber
Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika untuk
Sekolah Dasar Kelas 4,
§ Buku lain yang relevan
§ Kegiatan keseharian yang relevan
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
o
Melakukan operasi hitung
dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o
Menentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o
Menentukan hasil
pembagian dengan bilangan 0 dan 1
|
Tugas Individu
dan
Kelompok
|
Laporan buku pekerjaan rumah
|
o
Sebutkanlah operasi
hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o
Tentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o
Tentukan hasil pembagian
dengan bilangan 0 dan 1
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
01 juli 2012
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mapel Matematika
Aidah Kamalatus Shobiha Elis
Lisnawati
NIP/NIK :1410150003 NIP/NIK
:1410150010
Ada
juga Silabusnya, silahkan download disini
^_^
^_^
ukhty blogspotnya bagus, tampilan blogspotnya bagus, pengen tapi gimana caranya ya ?
BalasHapusedit ajaa di html ny ukht :)
BalasHapusgampang banget makasih ya
BalasHapuskok RPP nya gak bisa di download ya mbk...
BalasHapusbagus, ijin copy ya
BalasHapus