RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD Negeri 2 Astanalanggar
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : 5 / I (Lima/Satu)
Alokasi
Waktu : 10 x 35 menit (5
Pertemuan)
A.
Standar Kompetensi :
1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Melakukan operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.
C.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§ Menggunakan
sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara
efisien
§ Membulatkan
bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§ Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan
Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi
Ajar
Sifat
Operasi hitung bilangan bulat
§ Penggunaan
sifat komutatif, Asosiatif, dan Distributif
§ Pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§ Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
E.
Metode
Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab,
Deduktif, latihan, Ekspositori
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran:
Pertemuan ke 1-2
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang macam-macam bilangan bulat yang telah dipelajari pada
kelas sebelumnya.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
v Siswa dapat Melakukan operasi hitung bilangan
bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
v Melakukan percobaan dengan menggunakan kancing
berwarna-warni yang dapat membantu siswa memahami sifat-sifat operasi hitung
yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari, misalnya : 5 kancing Merah + 4
Kancing Putih apakah sama dengan 4
kancing Putih + 5 Kancing Merah ? (sifat komutatif penjumlahan). Setelah
selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya
dengan mengerjakan soal latihan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
v Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
v Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
v Guru mengulang kembali kegiatan yang telah
dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaanrumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan ke 3-5
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan bilangan bulat
yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
v Siswa dapat Melakukan operasi hitung bilangan
bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
v Menjelaskan cara membulatkan bilangan dan
menaksir dengan menggunakan garis
bilangan.
1 2
3 4 5
6 7 8
9 10
dibulatkan ke bawah dibulatkan ke atas
v Kemudian melakukan diskusi mengenai cara mennaksir
hasil operasi hitung, setelah itu siswa diuji leterampilannya dalam,
membulatkan dan menaksir hasil operasi hitung.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
v Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
v Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
v Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang
telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan
pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD
untuk Kelas V 5 B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 5
§ Kancing Baju
§ White board,
papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menggunakan sifat komutatif,
asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
o Membulatkan
bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
o
Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan.
|
Tugas IndVidu
dan Kelompok
|
Laporan buku pekerjaan rumah
|
o 50 + 17 = …….+…….
o –12 X 5 = …….+……
o 12 + ( 14 + 70) =
(….+….) + ….
o 10 X (-19 X 5) = (….+…) + ….
o –14 X (15 + ) =
(….X…,) + (….X….)
o dst.
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui Astanalanggar,19
Juli 2010
Kepala SDN 2 AStanalanggar Guru Kelas 5,
Slamet Mubarok,S.Pd.SD Mayasari, S.Pd
NIP.
19681124 1993011 002 NIP. 19801230 2000022 002
Ada juga Silabusnya, silahkan download disini
^_^
^_^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar