Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
MATEMATIKA
Nama Sekolah : SDN 4 JUNGJANG WETAN
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : III
/ 1
Alokasi
Waktu : 3 minggu
I. STANDAR KOMPETENSI
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga
angka
.
|
II. KOMPETENSI
DASAR
Melakukan operasi
hitung bilangan sampai tiga angka
III. TUJUAN
PEMBELAJARAN**
- Siswa dapat menulis bilangan
secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
- Siswa dapat menentukan nilai
tempat sampai dengan ribuan
- Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan
tanpa menyimpan
- Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan
dengan menyimpan
- Siswa dapat melakukan operasi
pengurangan tanpa meminjam
-
Siswa dapat melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian (
carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya diri
( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
IV. Materi Pokok
·
Garis bilangan
·
Penjumlahan dan
pengurangan
·
Perkalian dan
pembagian
·
Uang
·
Alat ukur
V. MetodE Pembelajaran
¨
Informasi
¨
Diskusi
¨
Tanya jawab
¨
Pemberian tugas
VI. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan Awal
Apresepsi :
F
Mengisi daftar
kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
F
Memotivasi siswa
untuk mengeluarkan pendapat.
F
Mengajukan beberapa
pertanyaan materi minggu yang lalu
B.
Kegiatan Inti
Minggu I
Pertemuan
pertama : 2 X 35 menit
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan cara
panjang penulisan bilangan
F
Menguji
keterampilan siswa dengan menguraikan bilangan
Pertemuan ke dua 2 X 35 menit
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Memasukan
biji-bijian pada dekak-dekak
F
Memperagakan
dekak-dekak
F
Menentukan nilai
tempat sampai ribuan
Pertemuan ke tiga
2X 35 menit
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
penjumlahan dua bilangan tanpa teknik menyimpan
F
Menguji
keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan
F
Membahas soal yang
dikerjakan siswa
Minggu II
Pertemuan pertama : 2 x 35 menit
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menjelaskan
penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan
F
Guru menguji
keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan
F
Membahas soal yang
tela dikerjakan siswa
Pertemuan kedua : 2 x 35 menit
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam
F
Menguji
keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam
Pertemuan ke tiga : 2 x 35 menit
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
pengurangan tiga bilangan dengan tanpa teknik meminjam
F
Siswa mengerjakan
soal-soal latihan
Minggu III
Pertemuan pertama : 2 x 35 menit
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa mengingat
kembali pengurangan dua buah bilangan
F
Guru menjelaskan
cara mengurangi dua buah bilangan tanpa meminjam
F
Menguji
keterampilan siswa dengan soal pengurangan
Pertemuan kedua : 2 x 35 menit
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
pengurangan tiga bilangan
F
Siswa mengerjakan soal-soal
latihan
Pertemuan ke tiga : 2 x 35 menit
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam
F
Menguji keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik
meminjam
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F
Guru mengajukan
pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
F
Siswa mengumpulkan
tugas sesuai materi yang diajarkan
F
Guru dan siswa
menyimpulkan materi yang diajarkan
VII. ALAT DAN
SUMBER BELAJAR
Sumber belajar :
1.
Buku Matematika
2.
Media elektronik
Alat Peraga
1.
Gambar Bilangan
2.
Teks cerita
VIII. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
§ Menulis bilangan secara panjang
(ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
§ Menentukan nilai tempat sampai
dengan ribuan
§ Melakukan operasi penjumlahan
tanpa menyimpan
§ Melakukan operasi penjumlahan
dengan menyimpan
§ Melakukan operasi pengurangan
tanpa meminjam
§ Melakukan operasi pengurangan
dengan meminjam
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
§ Tuliskanlah bilangan secara
panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
§ Tentukan nilai tempat sampai
dengan ribuan
§ Jelaskanlah melakukan operasi
penjumlahan tanpa menyimpan
§ Jelaskanlah melakukan operasi penjumlahan
dengan menyimpan
§ Jelaskanlah melakukan operasi
pengurangan tanpa meminjam
§ Jelaskanlah melakukan operasi
pengurangan dengan meminjam
|
v
Kriteria Penilaian
1. Produk (
hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas III
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
mba, maaf izin kopas. terima kasih membantu bngt.
BalasHapusIyaa silahkan, sama2... ^_^
BalasHapusyang semester 2 ny gx di masuki bak....
BalasHapuslink nya sdh coid y ko eror
BalasHapus