Thanks for coming to my blog! I hope we can share and learn in this blog.. ^_^,

Sabtu, 02 Maret 2013

RPP MATEMATIKA KELAS 8 SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                                             Nama Sekolah          :     SMP dan MTs
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :     VIII (Delapan)
                                             Semester                   :     1 (Satu)


Standar Kompetensi                  :  1.      Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.

Kompetensi Dasar                        :     1.1.                  Melakukan operasi aljabar.


Indikator                                    :  1.      Menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan  pada bentuk aljabar.
                                                      2.      Menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan  pecahan bentuk aljabar.
                                                      3.      Menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.
        
Alokasi Waktu                           :  6 jam pelajaran (3 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran

         a.   Peserta didik dapat menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan  pada bentuk aljabar.
         b.   Peserta didik dapat menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan  pecahan bentuk aljabar.
         c.   Peserta didik dapat menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.

B.      Materi Ajar
        
Faktorisasi Suku Aljabar, yaitu mengenai:
a.            Menjelaskan pengertian koefisien, variabel, dan konstanta.
b.   Menyelesaikan operasi bentuk aljabar.
         c.   Menyelesaikan operasi pecahan dalam bentuk aljabar.


C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan

Ø   Pertemuan Pertama dan Kedua
        
         Pendahuluan       :  -  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                       -  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
        

         Kegiatan Inti:
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan  pada bentuk aljabar, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 1, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 1-3 mengenai pengertian koefisien, variabel, dan konstanta, dan hal. 4-15 mengenai cara menyelesaikan operasi bentuk aljabar).        
         b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan  pada bentuk aljabar.
         c.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 4-6   mengenai cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan suku sejenis dan suku tidak sejenis.
         d.   Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal. 2 mengenai penentuan koefisien, variabel, konstanta, suku sejenis, dan derajat dari bentuk aljabar, hal. 11 dan 12 mengenai penentuan hasil operasi perkalian dengan menggunakan ubin aljabar dan sifat distributif, serta hal. 15 mengenai penentuan hasil perpangkatan dari penjumlahan atau perkalian suku dua dengan suku dua.
         e.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket hal. 4 mengenai penentuan bentuk aljabar dari suatu masalah dan penyederhanaan bentuk aljabar tersebut,    hal.10-11 mengenai penyelesaian perkalian suku satu dengan suku dua menggunakan ubin aljabar, hal. 11-12 mengenai penyederhanaan perkalian suku dua dengan suku dua dengan menggunakan model ubin aljabar, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
         f.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 3 mengenai penentuan koefisien, variabel, konstanta, suku sejenis, dan derajat dari bentuk aljabar, penentuan bentuk aljabar dari suatu masalah, dan penentuan apakah bentuk aljabar yang diberikan merupakan monomial, binomial, trinomial, atau polinomial, hal. 6-8 mengenai penentuan penjumlahan dan pengurangan suku sejenis dan suku tidak sejenis dari bentuk aljabar, hal. 9-10 mengenai penentuan pembagian suku sejenis dan suku tidak sejenis dari bentuk aljabar, dan hal. 12-14 mengenai penentuan hasil perkalian suku dua dengan suku dua, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
         g.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“ dalam buku paket hal. 6, 11, dan 12.

         Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
         b.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 3, 6-8, 9-10, dan 12-14 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

Ø   Pertemuan Ketiga
        
         Pendahuluan       :  -  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                       -  Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
                                 -  Membahas PR.
         Kegiatan Inti:
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan  pada pecahan dalam bentuk aljabar serta cara menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 1, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 26-37 mengenai cara menyelesaikan operasi pecahan dalam bentuk aljabar).        
         b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan  pada bentuk aljabar dan pecahan bentuk aljabar serta cara menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.
         c.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 26-27 mengenai cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar, hal. 29 mengenai cara menyelesaikan perkalian dan pembagian pecahan bentuk aljabar, hal. 30 mengenai cara menyelesaikan perpangkatan pecahan bentuk aljabar, hal. 32-33 mengenai cara menyederhanakan pecahan bentuk aljabar, dan hal. 35-36 mengenai cara menyederhanakan pecahan bersusun.
         d.   Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket hal. 29 mengenai penyelesaian perkalian dan pembagian pecahan bentuk aljabar, hal. 30 mengenai penyelesaian perpangkatan pecahan bentuk aljabar.
         e.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket hal. 27-28 mengenai penentuan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar, hal. 30-32 mengenai penentuan hasil perkalian, pembagian, dan perpangkatan pecahan bentuk aljabar, hal. 33 mengenai penyederhanaan pecahan bentuk aljabar, dan hal. 36-37 mengenai penyederhanaan pecahan bersusun, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.          
         f.    Peserta didik mengerjakan beberapa soal “Quiz“ dalam buku paket hal. 27, 33 dan 36.

         Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman subbab yang telah dipelajari.
         b.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket pada hal. 27-28, 30-32, 33, 36-37 yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E.      Alat dan Sumber Belajar

Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Matematika SMP dan MTs ESIS Kelas VIII Semester 1, karangan Tatag Yuli Eko Siswono dan Netti Lastiningsih hal. 1-15 dan 26-37.
-        Buku referensi lain.
Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                OHP

               F.      Penilaian     
              
               Teknik                   : tugas individu, kuis.
               Bentuk Instrumen : uraian singkat, pilihan ganda.
Contoh Instrumen : 

1.      Tentukan koefisien, variabel, dan konstanta dari bentuk aljabar
!
Adakah suku sejenisnya?

2.      Tentukan hasil dari:
         a.  
         b.  
         c.  
         d.  
        e.  

3.      Selesaikanlah.
         a.  
         b.  
         c.  
         d.  
         e.  

4.     Sederhanakanlah.
        a.  
        b.  
        

                             











                                                                                                                                          Jakarta,............................................
                Mengetahui,                                                                        Guru Mata Pelajaran Matematika
            Kepala Sekolah





     _______________________                                                                 _______________________
      NIP.                                                                                                                  NIP.





RPP selengkapnya bisa download disini teman...
Ada juga Silabusnya, silahkan download disini
^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar